Peluang Budidaya Stroberi Hidroponik Yang Sederhana Lengkap Skip to main content

Peluang Budidaya Stroberi Hidroponik Yang Sederhana Lengkap


    Tanaman buah sebenarnya bukanlah pilihan termudah untuk pemula hidroponik. Ini sebagian besar disebabkan karena peningkatan persyaratan input, dan perawatan lebih tinggi.

    Tapi stroberi sedikit pengecualian untuk aturan ini. Stroberi tumbuh subur dalam sistem tumbuh hidroponik dan dapat menghasilkan buah segar dalam jumlah besar sepanjang tahun.

    Setelah Anda mendapatkan pengalaman menanam herbal dan sayuran, inilah saat yang tepat untuk mencoba menanam stroberi. Pada artikel ini, kita akan memeriksa semua faktor inti dari budidaya strawberry hidroponik, dari biji hingga panen.

    Cara Menanam Stroberi Hidroponik

    Untuk menanam buah stroberi dengan cara hidroponik, Anda harus menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Alat yang dibutuhkan antara lain jerigen, baki persemaian, hand sprayer, pot, tali kompos, pipa paralon, timbangan ohaus dan ember.

    Sedangkan bahannya tentunya Anda membutuhkan bibit buah stroberi, garam mineral atau pupuk yang sudah siap pakai dan porus.

    Itulah beberapa bahan yang harus Anda siapkan. Lanjut ke tahap penanaman dan persiapan lainnya.

    Persiapan Bibit Buah Stroberi

    Tahapan pertama adalah pembibitan buah stroberi terlebih dahulu. Penyemaian benih strawberry dilakukan dengan media pasir. Ambil pasir yang kering kemudian di ayak sampai halus.

    Jangan lupa untuk cuci dan direndam dengan menggunakan air selama 1 jam. Bersihkan baki persamaian dan masukan pasir yang sudah dibersihkan tadi sampai ketinggian 4 cm.

    Siram baki dengan menggunakan air sampai baki terlihat kelebihan air beberapa menit saja. Taburkan biji stroberi ke dalam baki. Taburan bibitnya tak perlu terlalu rapat-rapat. Pada saat proses penyemaian jangan sampai pasir menjadi kering.

    Jadi harus dilakukan penyemprotan setiap harinya. Jika sudah tumbuh 2 sampai 4 helai daun. Berarti bibit stroberi sudah siap untuk dipindah ke media taman. Untuk panduan khusus tentang cara menyemai biji stroberi bisa Anda baca di sini.

    Tahap Penanaman

    Siapkan wadah yang akan digunakan sebagai media tanam. Misalnya dengan menggunakan pralon. Belah pralon menjadi dua bagian. Jangan sampai ada lubang satu pun. Selain menggunakan pralon, Anda juga bisa menggunakan pot atau wadah lainnya.

    Pemberian lubang harus diatur, ini hanya berguna untuk penanaman tanamannya saja. Beri jarak 3 sampai 5 cm setiap lubangnya. Untuk medianya berupa kerikil, pasir dan lainnya. Cuci semua bahan tersebut sampai bersih dan rendam dengan menggunakan air mendidih selama 30 sampai 60 menit.

    Masukan media yang sudah Anda buat ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Kurang lebih dengan ukuran 3 sampai 4 cm di atas lubang yang sudah Anda buat. Ambil tanaman yang sudah Anda semaikan, jangan sampai bagian akarnya terputus.

    Pindahkan ke media yang sudah Anda buat. Jangan lupa untuk diberikan nutrisi. Nutrisinya menggunakan pupuk organic yang cair. Bisa juga dengan menggunakan pupuk lainnya, asalkan berbentuk cair.

    Letakkan tanaman jauh dari daerah yang banyak serangga, tetapi tetap cukup sinar matahari dan tidak terlalu lembab. Jika tanaman sudah berumur 2 atau 3 minggu berikan pupuk cair lagi.

    Selain menggunakan wadah paralon, Anda juga bisa menggunakan wadah pot untuk menanam stroberi secara hidroponik.
    Selain menggunakan wadah paralon, Anda juga bisa menggunakan wadah pot untuk menanam stroberi secara hidroponik.
    Tahap Perawatan

    Pada teknik hidroponik, perawatannya memang harus lebih intens dibandingkan dengan teknik yang lainnya. Anda harus memperhatikan pH media tanam juga. PH yang baik sekitar 6,3. Jika terlalu tinggi Anda harus menurunkannya dan jika terlalu rendah harus menaikannya.

    Selain itu juga harus tetap dilakukan pemberian pupuk cair secara rutin. Anda bisa menggunakan pupuk kcl, pupuk tsp, pupuk urea dan lain sebagainya asalkan dalam bentuk cair.

    Selain itu Anda harus membasmi hama penyakit yang menyerang. Bisa dengan menyemprotkan fungsisida, herbissida dan lain sebagainya. Penyemprotan hama dilakukan jika terdapat hama penyakit saja. jika tidak ada tak perlu dilakukan penyemprotan.

    Tahap Pemanenan

    Pemanenan tanaman stroberi biasanya dapat dilakukan setelah berumur 4 sampai 6 bulan. ini juga tergantung dengan pertumbuhan dari tanaman tersebut. Untuk cara memanennya sangat mudah. Anda tinggal memotong buah stroberi yang sudah merah. Bisa dengan menggunakan gunting atau pisau.

    Tetapi harus hati-hati jangan sampai merusak bagian tanaman yang belum tumbuh. Biasanya buah stroberi tidak berbuah secara bersamaan. Pemanenan dilakukan pada pagi atau siang hari dan dilakukan dua minggu sekali.

    Menanam Stroberi dari biji atau pelari?

    Biji stroberi dapat digunakan untuk membuat tanaman baru. Tetapi jika Anda memulai dari awal, dan tidak memiliki taman luar ruangan, ini bukan ide yang baik.

    Tanaman stroberi yang tumbuh dari biji membutuhkan waktu untuk matang, lebih dari 2-3 tahun! Jadi jika Anda ingin memanen buah segar tahun ini, opsi itu tidak mungkin.

    Tumbuhan yang ditanam dari biji  mungkin tidak menunjukkan kualitas yang sama  dengan buah yang dihasilkannya. 

    Tanah juga memiliki banyak mikroorganisme dan hama berbahaya yang dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan tanaman stroberi Anda. Petani biasa (dan masih melakukan) menyemprot  pestisida berbahaya dan terlarang yang  disebut metil bromida di tanah sebelum menanam stroberi.

    Pelari adalah pilihan yang disukai untuk menyebarkan stroberi, terutama dalam hidroponik.

    Beberapa tanaman memiliki batang yang tumbuh secara horizontal, bukan vertikal. Batang ini dapat menumbuhkan akar dan membuat tanaman baru.

    Batang seperti dari tanaman stroberi dewasa dipanen, akarnya dibiarkan tumbuh. Mereka kemudian didinginkan (untuk meniru suhu musim dingin dan membuat berbunga) dan disimpan.

    Pelari beku yang telah teruji virus ini biasanya tersedia di pembibitan lokal dan toko berkebun.

    Musim Tanam Stroberi Hidroponik

    Dalam hidroponik, tidak ada persyaratan musim tanam yang ketat. Musim pertumbuhan Anda terutama akan dipengaruhi oleh ketersediaan pelari, baik di toko atau di taman luar ruangan Anda.

    Biasanya, toko-toko saat ini memiliki persediaan pelari beku sepanjang tahun. Tetapi jika tidak, stok runner paling tinggi di akhir musim dingin dan awal musim semi.

    Tapi begitu Anda memulai tanaman strawberry hidroponik Anda, Anda dapat memperbanyak pelari dari tanaman ini. Mereka dapat ditanam sepanjang tahun.

    Pelari yang dipotong dari tanaman lokal membutuhkan stimulasi dingin. Anda dapat mencapainya dengan meletakkannya di kulkas selama 6-12 minggu.


    Persyaratan Durasi & Penyerbukan

    Penyerbukan adalah perhatian utama. Tanaman stroberi mengandung bagian jantan dan betina pada tanaman yang sama.

    Dalam budidaya di luar ruangan, penyerbukan ditangani oleh lebah atau angin. Dalam hidroponik dalam ruangan, Anda dapat merangsang ini dengan menyikat tangan Anda dengan lembut di bunga yang terbuka.

    Persyaratan Suhu Ideal

    Stroberi lebih suka suhu dingin ke hangat. Kisaran ideal berada di antara 60 - 80 derajat Fahrenheit, atau 15 - 27 derajat Celcius.

    Suhu udara siang hari optimal ada di suatu tempat di tengah, sekitar 20 derajat C, menurut University of Arizona.

    Menurut  sumber College of Agriculture mereka , suhu malam yang lebih rendah antara 10-12 derajat dapat menghasilkan peningkatan hasil buah.

    Dalam jangka panjang, tanaman stroberi lebih suka hibernasi di mana saja antara 2-5 bulan di musim dingin. Anda dapat menyimpan tanaman yang dibungkus plastik dengan aman di lemari es jika daerah Anda tidak memiliki musim dingin yang sangat dingin.

    Persyaratan Nutrisi

    Dalam hidroponik, mudah untuk mendapatkan campuran nutrisi yang sesuai untuk tanaman tertentu dari toko lokal Anda. Stroberi membutuhkan nutrisi penting dan juga elemen pelacak:

    Nutrisi Esensial:  Nitrogen, Kalium, dan Fosfor (NPK) sangat penting untuk kelangsungan hidup tanaman dasar. Nitrogen untuk pertumbuhan sel, fosfor untuk akar, bunga, dan tunas, dan kalium untuk fotosintesis.

    Elemen Jejak:  ini termasuk besi, mangan, seng, tembaga, molibdenum, kobalt, dan klorin, antara lain. Kurangnya elemen-elemen ini akan menghasilkan pertumbuhan tanaman yang buruk.

    Kebanyakan campuran nutrisi hidroponik mengandung unsur-unsur ini, karena Anda tidak memiliki dukungan tanah dalam hidroponik. Jadi selama Anda menggunakan campuran nutrisi yang dimaksudkan untuk hidroponik, Anda tidak perlu khawatir tentang kekurangan nutrisi.

    Tingkat EC & PH

    Ada tingkat pH optimal untuk larutan nutrisi ketika menanam stroberi. Ini umumnya dalam  kisaran 5.8 - 6.2 .

    Level pH larutan nutrisi dapat dimanipulasi dengan menambahkan potasium hidroksida (untuk meningkatkan pH), atau asam fosfat (untuk menurunkan pH).

    Dalam hidroponik, campuran nutrisi mengandung mineral yang mempengaruhi tingkat konduktivitas listrik air. Akumulasi garam mineral dapat mempengaruhi pertumbuhan stroberi.

    Anda dapat menggunakan  meter EC  untuk mengukur konduktivitas listrik, yang diukur dalam miliSiemens / cm, atau mS / cm. Para ilmuwan juga menggunakan deciSiemens / cm (dS / cm), yang dianggap identik dengan milliSiemens.

    Untuk stroberi, EC ideal adalah 1,0 dS / cm, atau lebih rendah di rumah kaca menggunakan tanah atau media tanam tak dinodai. Dalam hidroponik, ini dapat bervariasi, tergantung pada tekniknya, di mana saja antara 1,4 - 3,0 dS / cm.

    Anda dapat menggunakan air tawar untuk menyiram garam berlebih di akarnya jika melebihi batas ini.

    Sistem Hidroponik Untuk Stroberi

    Stroberi sangat serbaguna untuk hidroponik. Ini terutama disebabkan oleh sistem root yang kecil.

    Pelari dapat berkembang dalam berbagai teknik, mulai dari kompleksitas dari yang relatif sederhana dan mobile hingga sistem yang lebih kompleks dan stasioner.

    Dari semua ini, kultur air dalam berguna jika Anda memiliki ruang untuk menumbuhkan sejumlah besar tanaman dalam sistem berjenjang tunggal.

    Lainnya jauh lebih cocok untuk sistem tumbuh multi-tier kompak. Akibatnya, penanam komersial dan hobi lebih menyukai salah satu dari teknik yang berbeda ini.

    Kesimpulan

    Stroberi khusus untuk petani hidroponik. Anda dapat dengan mudah mendapatkan pasokan penuh buah untuk rumah tangga Anda sepanjang tahun menggunakan hidroponik dalam ruangan.

    Percobaan dengan berbagai teknik untuk mencari tahu mana yang paling cocok untuk ruang tumbuh Anda. Ingatlah selalu untuk tumbuh secara vertikal untuk hasil maksimal, karena tanaman kecil ideal untuk jenis sistem tumbuh ini.

    Comments