10 Tanaman Hidroponik Untuk dibudidayakan dan Manfaat Kesehatannya Skip to main content

10 Tanaman Hidroponik Untuk dibudidayakan dan Manfaat Kesehatannya


    Hidroponik adalah metode menanam dengan memanfaatkan air dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.

    Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.


    Mineral dan nutrisi ditambahkan ke air pada tingkat optimal sehingga tanaman dapat mencurahkan energinya untuk menghasilkan buah dan sayuran dan menghasilkan hasil yang lebih besar.




      Menggunakan hidroponik Anda dapat menanam sayuran dan buah dari jenis apa saja. Dan berikut adalah 10 Tanaman Hidroponik Terbaik Untuk dibudidayakan dan Manfaat Kesehatannya

      Tomat Hidroponik

      Tanaman Vining seperti tomat sangat ideal untuk ditaman dalam ruangan karena membutuhkan sedikit tanah dan Anda akan memiliki ruang untuk menanamnya hingga ke atas.

      Selain itu anda juga mampu mengawasi dan mengendalikan nutrisi yang diterima tanaman serta memungkinkan untuk menikmati panen terus menerus sepanjang tahun tanpa mengorbankan rasa dari tomat tersebut.

      Jika Anda ingin mencoba untuk menanam atau memiliki usaha budidaya tomat hidroponik dapat melihatnya di artikel Peluang Usaha dan Cara Budidaya Timat Hidroponik

      Manfaat Kesehatan Tomat Hidroponik

      Tomat merupakan sumber yang kaya akan vitamin A, C dan asam folat. Mereka mengandung antioksidan kuat yang membantu melindungi tubuh kita terhadap risiko penyakit jantung, diabetes dan kanker.

      Selada Hidroponik

      Selada adalah pilihan utama bagi budidaya hidroponik karena membutuhkan sedikit ruang, sedikit perhatian dan Anda dapat memanen daunnya saat tumbuh.

      Anda juga akan mendapatkan panen pertama dalam hitungan minggu saat Anda dapat menikmati hasil dari tanaman selada pertama Anda.

      Manfaat Kesehatan Selada Hidroponik

      Selada adalah sayuran berkalori sangat rendah yang mengandung nutrisi nabati yang memiliki sifat meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit. Kaya akan vitamin A, C dan K dan mengandung mineral seperti zat besi, kalsium magnesium, dan kalium yang penting untuk metabolisme tubuh.

      Timun Hidroponik

      Buah-buahan yang memerlukan air akan menjadi pilihan yang baik untuk taman hidroponik Anda. Cukup diberi ruang saja maka mentimun akan tumbuh berlimpah.

      Manfaat Kesehatan Timun Hidroponik

      Mentimun kaya akan unsur mikro zat besi, natrium, kalium, magnesium, kalsium, dan seng. Mereka juga mengandung vitamin B, C dan asam folat. Unsur-unsur ini membuat mentimun efektif membersihkan tubuh dari kolesterol, memperlambat proses penuaan dan mengatur metabolisme.

      Bawang Merah Hidroponik

      Pada kenyataannya, bawang yang sangat muda dapat dipanen pada usia muda. Satu pot dapat menumbuhkan puluhan bawang dan dipanen setiap 3 atau 4 minggu.

      Manfaat Kesehatan Bawang Hidroponik

      Antioksidan dalam daun bawang membantu mencegah kerusakan DNA dan jaringan seluler dengan menghambat aksi radikal bebas. Bawang musim semi sarat dengan vitamin C dan K yang keduanya penting untuk kesehatan tulang.

      Khasiat daun bawang adalah yang paling umum digunakan untuk mengobati infeksi virus seperti flu dan pilek. Mereka juga mengandung vitamin B dan A.

      Paprika Hidroponik

      Paprika akan tumbuh dalam kondisi yang sangat mirip dengan tomat, namun menaikkan suhu waktu malam dan penurunan suhu siang hari meningkatkan produksi buah setelah tanaman mencapai ketinggian dewasa. Paprika tidak hanya menambah rasa dan bumbu pada makanan Anda tetapi juga rendah kalori dan tinggi vitamin serta nutrisi.

      Manfaat Kesehatan Paprika Hidroponik

      Paprika penuh dengan vitamin A dan C dan sumber serat, asam folat dan kalium yang bagus memberi mereka sifat kesehatan dan melawan penyakit yang hebat.

      Bayam Hidroponik

      Sama seperti selada sayuran berdaun lainnya, bayam tumbuh dengan baik dalam sistem hidroponik. Bayam tumbuh cepat dan subur jika Anda tetap memanennya.

      Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang sangat sehat yang terkenal karena sifat antioksidannya. Ini menyediakan protein, zat besi, vitamin dan mineral. Bayam adalah sumber vitamin A, C, K, E, magnesium, asam folat, tembaga, seng, dan banyak lagi yang sangat baik, menjadikan salah satu sayuran berdaun hijau paling sehat menjadi sehat.

      Manfaat Kesehatan Bayam Hidroponik

      Bayam dapat melindungi jantung, menurunkan kolesterol, membantu pencernaan, mengurangi penuaan serta menyediakan sumber zat besi yang kaya.

      Stroberi Hidroponik

      Stroberi tumbuh subur dalam kondisi basah dan tumbuh dengan baik dalam kondisi hidroponik. Karena dapat menghasilkan buah yang lebih besar daripada di tanah dan dapat menghasilkan panen sepanjang tahun.

      Manfaat Kesehatan Stroberi Hidroponik

      Stroberi kaya akan antioksidan dan vitamin C yang dikenal sebagai pemberi kekebalan tubuh. Stroberi hidroponik juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

      Bluberi Hidroponik

      Blueberry membutuhkan kondisi tanah yang memiliki asam tinggi dan karenanya tumbuh lebih baik dalam kondisi hidroponik serta jauh lebih mudah Mengontrol kandungan ph dan nutrisinya sehinga akan membuat tanaman yang lebih besar, lebih sehat.

      Manfaat Kesehatan Bluberi Hidroponik

      Blueberry terkenal sebagai antioksidan tinggi yang melindungi otak dan sistem saraf. Bluberi juga merupakan salah sath buah-buahan peringkat pertama untuk menyediakan antioksidan dan vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh yang sehat.

      Kemangi Hidroponik

      Kemangi adalah pilihan yang sangat populer karena hanya memerlukan sedikit perawatan dan dapat menghasilkan panen yang mengesankan. Kemangi tidak hanya memberikan rasa dan aroma tetapi juga memiliki berbagai kegunaan kesehatan.

      Manfaat Kesehatan Kemangi Hidroponik

      Penelitian menunjukkan kemangi membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan, kemangi tinggi akan antioksidan dan membantu melindungi terhadap radikal bebas yang menyebabkan penuaan.

      Ketumbar Hidroponik

      Ketumbar adalah ramuan yang bagus untuk tumbuh dan hanya membutuhkan waktu sekitar 4 minggu dan dapat menghasilkan 2-3 kali panen.

      Budidaya ketumbar tidak memerlukan persyaratan khusus, hanya perlu memberi pencahayaan yang baik akan memberikan panen yang bagus.

      Manfaat Kesehatan Ketumbar Hidroponik

      Ketumbar memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung vitamin c, vitamin k dan protein dan merupakan sumber magnesium, zat besi dan serat.

      Hal ini diketahui dapat membantu peradangan kulit, kolesterol tinggi, sariawan, pencernaan dan banyak penyakit lainnya.

      Cabe Rawit Hidroponik

      Siapa yang tidak mengenal cabe, salah satu hasil pertanian yang bisa kita jumpai di setiap dapur rumah? Cabe termasuk ke dalam suku terong – terongan. Tanaman satu ini bisa ditanam pada daerah dataran rendah maupun dataran tinggi serta proses penanamannya yang terbilang mudah. Cabe merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat serta nilai ekonomi yang tinggi.

      Anda ingin mencoba budidaya cabe rawit hidroponik? Dapat melihatnya diartikel Peluang Budidaya Cabe Rawit Hidroponik Sederhana

      Sekilas tentang Apa itu Tanaman Hidroponik ?

      Hidroponik sebenarnya adalah metode untuk menanam tanaman dalam media yang kaya akan nutrisi berbasis air. Hidroponik tidak menggunakan tanah, sebaliknya akar akan tumbuh menggunakan media lembam seperti perlite, pelet tanah liat, lumut gambut, atau vermikulit. Pada dasarnya Inti di balik metode menanam dengan hidroponik adalah untuk memungkinkan akar tanaman bersentuhan langsung dengan kandungan air namun juga memiliki akses ke oksigen, yang penting untuk pertumbuhan yang baik.

      Keuntungan metode menanam dengan hidroponik yang terbesar adalah tingkat pertumbuhan yang sangat tinggi pada tanaman Anda. Dengan pengaturan yang tepat, tanaman Anda akan matang hingga 25% lebih cepat dan menghasilkan hingga 30% lebih banyak dari tanaman yang sama yang tumbuh di tanah seperti biasanya.

      Saya sangat merekomendasikan membaca panduan dari artikel tentang Metode Menanam Dengan Hidroponik. Anda akan belajar sebanyak mungkin tentang hidroponik sebelum memulai kebun Anda. Bahkan jika Anda tidak berencana untuk menanam dengan hidroponik, Anda masih dapat belajar banyak tentang apa yang dibutuhkan tanaman dalam berbagai tahap pertumbuhannya dengan membaca tentang dasar-dasar hidroponik.


      Untuk teman-teman yang ingin membagikan atau menambahkan lagi dapat memberikannya di kolom komentar, dengan senang hati penulis akan membalasnya

      Comments